Dataset Instalasi Rawat Jalan

Dataset ini berisikan tentang 10 penyakit terbanyak, jumlah kunjungan pasien baru dan lama pada instalasi rawat jalan

Податоци и ресурси

Дополнителни информации

Поле Вредност
Извор RSUD BRIGJEND. H. HASAN BASRY KANDANGAN
Автор Bidang Pelayanan
Одржувач Bidang Pelayanan
Верзија 1.0
Последно ажурирано јули 2, 2025, 03:51 (UTC)
Креирано септември 22, 2022, 02:58 (UTC)
Cakupan Wilayah Kabupaten Hulu Sungai dan Rujukan Banua Anam
Cara Pengumpulan Data Kompilasi Produk Administrasi
Kode Wilayah 6306
Metode Pengumpulan Data Pengumpulan Data Sekunder
No. Rekomendasi BPS K-23.6306.005
Periode Pelaksanaaan Pengumpulan Data Desember Tahun Berjalan
Periode Update Data Tahunan
Rilis/Diseminasi Data 6 Maret Tahun Berikutnya
Tujuan Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun dan menganalisis data dari Instalasi Rawat Jalan RSUD Brigjend H. Hasan Basry sebagai dasar evaluasi dan pengambilan kebijakan pelayanan kesehatan. Adapun tujuan khusus dari masing-masing jenis laporan adalah sebagai berikut: 1. 10 Penyakit Terbanyak per Poliklinik - Mengidentifikasi jenis penyakit yang paling sering ditangani di masing-masing poliklinik. - Menyediakan data epidemiologi untuk keperluan perencanaan kebutuhan tenaga medis, obat, dan alat kesehatan. - Menjadi dasar dalam pengembangan program pencegahan dan promosi kesehatan berbasis data lokal. 2. Jenis Pembayaran - Mengetahui distribusi pasien berdasarkan jenis pembiayaan (BPJS, Umum, Perusahaan) di tiap poliklinik. - Mendukung evaluasi sistem pembiayaan rumah sakit dan kerja sama dengan pihak penjamin. - Menganalisis keterjangkauan dan pola akses layanan oleh masyarakat dari berbagai latar belakang ekonomi. 3. Kunjungan Rawat Jalan - Menganalisis tingkat kunjungan pasien rawat jalan berdasarkan jenis kelamin dan asal domisili. - Menilai beban kerja layanan per poliklinik sebagai dasar pengaturan jam pelayanan dan kebutuhan sumber daya. - Mengidentifikasi tren dan fluktuasi kunjungan untuk keperluan manajemen operasional. 4. Pasien Baru dan Lama - Membedakan karakteristik pasien baru dan pasien lama untuk menilai keberlangsungan pelayanan dan kepuasan pasien. - Mengetahui pola kunjungan ulang dan keberhasilan tindak lanjut pelayanan. - Menjadi dasar dalam perencanaan program loyalitas pasien dan peningkatan mutu layanan.